Hakim Bebaskan Terdakwa Trafficking

Kamis, 09 Agustus 20120 komentar

Kamis, 9 Agustus 2012 15:39 WIB
human-trafficking-ilustrasi-_120423204055-828.jpg
Ilustrasi

Laporan Mursal | Banda Aceh


, BANDA ACEH
- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh membebaskan terdakwa kasus trafficking (penjualan anak), atas nama Mira (19).

Hakim menilai terdakwa tidak terbukti turut serta melakukan trafficking, seperti didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), tapi kedua korban (anak-anak) yang justru proaktif minta ikut menjadi PSK ke Singapura. Sedangkan terdakwa yang awalnya menolak membawa keduanya, kemudian hanya membantu mereka ikut menjadi PSK di Singapura.

Putusan majelis hakim PN Banda Aceh dalam sidang terakhir, Kamis (9/8/2012) siang sangat berbeda dengan tuntutan JPU Kejari Banda Aceh, Maimunah SH pada sidang sebelumnya, yaitu tujuh tahun penjara, denda Rp 120 juta atau bisa diganti kurungan tambahan (subsider) 2 bulan kurungan.
  
Majelis hakim yang diketuai Zainuddin SH bersama hakim anggota Syukri MH dan Arfan Yani SH menyatakan terdakwa tak terbukti turut serta melakukan trafficking. Pasalnya, dari awal kedua terdakwa minta sendiri ikut terdakwa menjadi PSK ke Singapura. Bahkan sampai di Malaysia, terdakwa menjual cincinnya untuk memberi uang kepada korban agar pulang kampung saja.

Tapi kedua korban tetap tak mau. Sedangkan peran terdakwa ikut membantu trafficking, ketika masih di Banda Aceh, saat kedua korban mendesak minta ikut, terdakwa memberitahu lewat sms kepada agen di Batam serta memfoto korban yang dikirim ke agen tersebut. Terdakwa yang selama ini ditahan, spontan menangis mendengar putusan bebas itu.  (sar)
 
SUMBER : SERAMBINEWS.COM
Share this article :

Poskan Komentar

himpunan makalah Headline Animator

barner

Windows Live Messenger + Facebook

cinta

adsne2

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ROES HIMPUNAN MAKALAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger